Kamis, 03 Oktober 2019

Jenis Bahan Bakar Alternatif

Jenis Bahan Bakar Alternatif - Apabila kita mendengar tentang bahan bakar tentu yang ada dalam pikiran adalah bensin, solar dan sebagainya. Semua itu memang termasuk dalam jenis bahan bakar, namun sayangnya berbagai jenis bahan bakar yang berasal dari minyak bumi merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui.

Jenis Bahan Bakar Alternatif

Karenanya sudah sejak lama dikembangkan tentang bahan bakar alternatif sebagai pengganti bahan bakar minyak yang sudah banyak digunakan. Akan tetapi butuh banyak penelitian dan riset sebelum bahan bakar alternatif tersebut bisa digunakan. Bahan bakar alternatif juga terus didorong agar hasil emisinya nantinya ramah lingkungan sehingga dapat menekan angka polusi yang kian tinggi.

Lantas apa saja jenis bahan bakar alternatif yang dapat kita gunakan? berikut adalah beberapa jenis bahan bakar alternatif yang dapat kita gunakan untuk menggantikan bahan bakar minyak :

Jenis Bahan Bakar Alternatif

1. Etanol

Etanol biasanya diproduksi dari singkong atau tanaman lainnya yang banyak mengandung karbohidrat yang nantinya akan diubah menjadi gula lalu Alkohol. Etanol menghasilkan emisi gas buang kurang dari bahan bakar konvensional yang mampu mengurangi efek rumah kaca.

2. Biodiesel

Biodisel berasal dari minyak nabati dan lemak hewani. Biodiesel biasanya menghasilkan polusi udara lebih sedikit dari minyak diesel berbasis minyak bumi.

3. Compressed Natural Gas

CNG merupakan bahan bakar fosil yang menghasilkan polusi udara dan gas rumah kaca yang lebih sedikit dari bahan bakar minyak yang berasal dari minyak bumi.

4. Propana

Propana juga disebut LPG (Liquid Petroleum Gas), adalah bahan bakar fosil yang melimpah di dalam negeri. LPG (Liquid Petroleum Gas) menghasilkan polusi udara dan gas rumah kaca kurang yang berbahaya.

5. Hidrogen

Hidrogen biasanya dari bahan bakar fosil seperti batubara, tenaga nuklir, namun Hidrogen bisa diproduksi dengan mengambil Unsur Hidrogen dari dari Air. kendaraan yang mendukung penggunaan Bahan bakar Hidrogen mempunyai Polusi yang relatif lebih rendah.

0 komentar:

Posting Komentar