Sabtu, 20 Mei 2023

Manfaat Rumput Laut

Manfaat Rumput Laut - Kandungan manfaat rumput laut sangat baik bagi tubuh. Rumput laut memiliki nutrisi yang cukup lengkap terdiri atas air sebanyak 27,8%, protein 5,4%, karbohidrat 33,3%, lemak 8,6%, serat kasar 3%, dan abu 22,25%. Selain itu rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin A, B, C, D, E, dan K hingga mikro mineral seperti zat besi. Bahkan dibandingkan tanaman darat, kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10 - 20 kali lipatnya.

Sumber: top1toto

Rumput laut hidup di dasar samudera yang dapat tertembus sinar matahari. Seperti halnya tanaman di darat, rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna lainnya. Pigmen warna inilah yang menjadi pembeda antara jenis satu dan yang lainnya. Secara umum, rumput laut yang bisa dikonsumsi adalah jenis ganggang biru, ganggang merah, dan ganggang cokelat.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini masyarakat dapat dengan mudah merasakan manfaat rumput laut tersebut karena sudah bisa digunakan oleh industri yang lebih luas. Rumput laut sudah bisa dijadikan mata pencaharian. Hal ini dikarenakan manfaat rumput laut yang sangat banyak dan bisa digunakan pada bidang industri apa saja.

Manfaat Rumput Laut

Pada bidang pertanian, rumput laut bisa digunakan sebagai bahan pupuk organik dan pembuatan media tumbuh dalam kultur jaringan. Di bidang peternakan, penggunaan rumput laut adalah sebagai pakan yang dapat menghasilkan daging dengan kualitas baik. Sedangkan dalam bidang kedokteran, rumput laut biasa digunakan sebagai media kultur bakteri.

Bidang farmasi sendiri memakai rumput laut sebagai pembuat suspense, pengemulsi, tablet, plester dan filter. Sementara, pada bidang industri lainnya, rumput laut bisa digunakan sebagai bahan aditif seperti pada industri tekstil, kertas, keramik, fotografi, insektisida, pelindung kayu, dan pencegahan api.

Semakin meluasnya pemanfaatan rumput laut menyebabkan permintaan terhadap komoditas ini naik hingga 15% per tahun. Oleh karena itu, sebenarnya budidaya rumput laut merupakan peluang yang menjanjikan. Terlebih, perkembangan industri pengolahan rumput laut di Indonesia sendiri semakin pesat. Dengan demikian, pasar rumput laut kering masih terbuka cukup luas dan terus berkembang seiring perkembangan industri.

Permintaan tak hanya datang dari dalam negeri, kebutuhan ekspor dari luar pun sangat menjanjikan, banyak negara yang menginginkannya seperti Denmark, Jepang, China, Filipina, Korea, Taiwan, Australia, dan Amerika. Penelitian yang telah dilakukan di Harvard of School Public Health di Amerika menunjukkan bahwa wanita di Jepang yang mengkonsumsi rumput laut memiliki peluang tiga kali lipat yang lebih kecil terhadap kanker payudara dibandingkan wanita di Amerika.

Klorofil pada ganggang laut hijau juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang membantu untuk melindungi tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya. Tidak sampai disitu, rumput laut juga bermanfaat untuk mengatasi hipertensi, stroke, obesitas, TBC, asma, dan masih banyak lagi.

2 komentar:

  1. Dapatkan keuntungan dengan bergabung di Janji99.com

    Untuk info lebih lanjut bisa langsung klik DISINI!

    BalasHapus
  2. Mari Bergabung Dengan Salah Satu Agen Judi Online Terbaik Indonesia PARTAIQQ Situs Yang Memiliki 9 Permainan Yang Berkualitas Dan Memiliki Winrate 95%. 100% Fairplay No Robot & Admin !!!
    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Kami Pelayanan Terbaik 24Jam Online Nonstop !!!




    BalasHapus