Senin, 22 Mei 2023

Cara Mencetak Obat tablet

Cara Mencetak Obat tablet - Sebagian besar tablet dibuat adalah dengan cara granulasi dari campuran serbuk (obat dan eksipien) sebelum pencetakan. Proses tersebut mempunyai tujuan yaitu untuk menghasilkan massa dalam bentuk granul yang dapat mengalir dengan baik. Hal ini diharapkan nantinya penyimpangan bobot tablet yang dihasilkan tidak begitu besar, selain itu juga agar lebih mudah dicetak atau kompresibilitas yang baik.
top1toto


Metode Cetak Langsung

Cetak langsung yaitu proses pembuatan tablet yang dilakukan dengan mencetak langsung bahan obat/aktif dengan atau tanpa penambahan bahan pembantu. Sebenarnya dahulu untuk mencetak senyawa berbentuk kristal menggunakan istilah cetak langsung. Umumnya garam - garam anorganil seperti garam halogen NaBr, NaCl dan KBr akan dicetak dalam bentuk yang kompak.

Hal ini dapat dilakukan karena garam halogen diatas hanya memiliki satu jenis ikatan sehingga pada pembentukan kisi-kisi kristalnya dapat berulang dengan teratur sehingga memiliki sifat mudah mengalir dan mudah dimampatkan.

Cara Mencetak Obat tablet

Akan tetapi tidak semua atau umumnya bahan aktif / obat bisa dicetak langsung, hal ini karena tidak memiliki sifat seperti diatas secara keseluruhan. Dengan adanya bahan eksipien baru atau bentuk baru dari eksipien yang telah ada selama ini seperti Avicel, Starrch 1500, Emdex, Di Pac, Lactosa Spray-dried (sp) dan lainnya sebagai bahan pengisi dan bahan pengikat maka beberapa bahan aktif dapat dicetak langsung. Penemuan penemuan baru dari mesin cetak tablet maka memungkinkan proses pembuatan tablet lebih mudah yaitu dengan cara cetak langsung. Bahan pembantu yang digunakan dipilih berdasarkan sifat alirnya.

Selain itu, faktor kemampuan untuk pemampatan / kompresibilitas, stabil secara fisik dan kimia dapat tersatukan dengan bahan aktif dan bahan pembantu lainnya serta bobot jenisnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan bobot jenis yang besar akan mempersulit untuk menghasilkan campuran bubuk yang homogen.

Faktor seperti sifat bahan pembantu yang digunakan terutama bahan pengisi dan pengikat akan sangat mempengaruhi keberhasilan formulasi untuk tablet yang akan dibuat secara cetak langsung. Tanpa memiliki sifat alir dan kompresibilitas yang baik sulit sekali untuk menghasilkan tablet cetak langsung dalam skala industri (masal). Sebahagian sifat tersebut dibutuhkan oleh eksipien untuk tablet pada umumnya, tanpa memperhatikan cara pembuatan / perakitan tablet.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus