Senin, 27 Januari 2020

Warna, Rasa dan Emosi

Warna, Rasa dan Emosi - Makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan pokok kita yaitu: makan. Rasa lapar merupakan hal yang normal dan reaksi yang sehat terhadap keinginan kita untuk memakan sesuatu karena kekurangan nutrisi/makanan. Proses ini memiliki 2 aspek yang penting: fisik dan emosi,  keduanya bekerja secara individual terhadap apa yang kita makan.

Warna, Rasa dan Emosi
Sumber : Distributor Alat Pengukur
Makanan, warna dan emosi

Apabila kita mengetahui kalau warna berhubungan dengan aspek emosional, tentunya kita dapat menerima bahwa proses pemilihan makanan juga akan dipengaruhi oleh emosi yang tercipta karena permainan warna. Karena itu, pengaruh emosi dan warna terhadap pemilihan makanan tidak dapat dipungkiri. Sebagai contoh, makanan penutup (dessert), selain mengandung banyak gula juga diberi warna pink karena banyak orang menghubungkan warna ini dengan sikap positif (kasih sayang, cinta, dsb).

Warna, rasa dan emosi

Pada beberapa kasus lainnya, warna hijau merupakan warna yang paling sering muncul dan dihubungkan dengan makanan karena warna ini berhubungan erat dengan buah - buahan dan sayuran. Selain itu, warna merah juga sering dihubungkan dengan produk sambal dan banyak makanan pedas lainnya. Akan tetapi selain itu, warna merah yang menunjukkan cinta dan kebahagiaan juga kerap dihubungkan dengan perasaan marah.

Emosi

Dengan hubungan warna dan emosi yang sangat erat, tentunya kita juga tahu bahwa emosi sendiri dibagi menjadi emosi positif dan negatif. Emosi positif sendiri adalah seperti bahagia, cinta, kasih sayang. Sedangkan emosi negatif adalah seperti kesedihan, rasa tidak aman dan bahaya.

Selain warna yang telah disebutkan diatas, berikut adalah beberapa hubungan antara warna dan rasa adalah :
  • Manis : Rasa ini berhubungan dengan warna pink, buah - buahan, permen dan coklat
  • Pahit : Rasa ini berhubungan dengan warna hijau dan kuning, buah jeruk dan rasa sedih

Jadi dari beberapa pembahasan diatas, beberapa kesimpulan yang dapat kita ambil adalah :
  • Setiap warna berelasi dengan warna tertentu, contohnya adalah pink dengan manis, putih untuk rasa asin, merah untuk rasa pedas, hingga orange untuk rasa asam-manis
  • Hubungan warna dan rasa ini juga berlaku untuk makanan, dimana setiap makanan mempunyai karakter warnanya tersendiri
  • Rasa dan emosi juga dapat dipengaruhi oleh warna, dimana kedua faktor tersebut mempengaruhi proses pemilihan makanan oleh para konsumen

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus