Senin, 31 Juli 2023

Cara Kerja Ultrasonic Portable Hardness Tester

Ultrasonic Portable Hardness Tester adalah alat yang digunakan dalam pengukuran kekerasan benda padat dengan menggunakan gelombang ultrasonik. Alat ini biasa digunakan dalam beragam industri, seperti aeronautika, maritim, otomotif, dan manufaktur. Lantas apakah pengukuran kekerasan benda itu penting?

Pentingnya Menguji Kekerasan Benda

Dalam dunia industri, keamanan sebuah benda selalu menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, pengujian kekerasan menjadi hal yang lumrah. Mengingat menguji kekerasan benda adalah tahap penting dalam proses produksi, perbaikan, hingga pemeliharaan.

Menguji kekerasan berarti memastikan bahwa sebuah benda dapat bertahan dalam berbagai kondisi. Bagaimanapun juga, kekerasan benda dapat mempengaruhi sifat fisik dan mekanik benda itu sendiri, Misalnya, seperti daya tahan terhadap benturan, aus, dan perubahan bentuk.

Mengenal Ultrasonic Portable Hardness Tester

Berbeda dengan alat uji kekerasan biasa, alat uji ultrasonik portabel memungkinkan penggunanya melakukan pengujian di berbagai lokasi. Mengingat kemudahannya dari segi pemakaian dan penyimpannya yang portabel. Sehingga, pengguna tidak perlu kerepotan memindahkan sampel dan alat ketika pengujian.

Selain itu, alat ini mampu menguji permukaan yang sulit dijangkau, seperti permukaan yang bentuknya komplek atau tersembunyi. Lebih dari itu, penggunaan gelombang ultrasonik tidak merusak benda yang diuji. Sehingga, pengujiannya tidak merusak material yang berharga.

Dalam prosesnya, ultrasonic portable hardness tester mengirimkan gelombang ultrasonik pada permukaan benda yang akan diuji. Gelombang tersebut kemudian akan dipantulkan kembali oleh benda. Perubahan frekuensi serta amplitudo ultrasonik akan diukur dan kemudian nilai hasil kekerasan akan diperoleh.

contoh portable ultrasonic hardness tester

Alat ini tentunya memiliki tingkat ketepatan dan akurasi yang tinggi dalam mengukur kekerasan. Sehingga, alat uji ultrasonik mampu memberikan hasil konsisten yang meminimalkan kesalahan pengukuran. Selain itu, alat ini dapat mengukur beragam benda dengan kekerasan tertentu, mulai dari lembut hingga yang sangat keras.

Ranah penggunaan alat uji ultrasonik terbilang luas di dunia industri. Pada industri perawatan mesin, alat ini digunakan untuk monitoring dan deteksi kerusakan mesin. Pada industri manufaktur, alat ini kerap dipakai dalam proses produksi. Tidak hanya itu, tentunya masih banyak industri lain yang juga menggunakan alat uji yang satu ini.

Cara Kerja Ultrasonic Portable Hardness Tester

Sebagaimana pemaparan sebelumnya, alat ini bekerja dengan menggunakan gelombang ultrasonik. Pada saat gelombang ultrasonik melewati benda padat, kecepatannya akan berubah bergantung pada kekerasan benda tersebut. Kemudian, alat ini akan mengukur perubahan kecepatan gelombang dan mengubahnya menjadi nilai kekerasan benda. Berikut uraian singkat mengenai cara kerja alat uji ultrasonik.

1. Persiapan Pengujian

Sebelum melakukan pengujian, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan. Mulailah dengan memastikan permukaan benda yang akan diuji benar-benar bersih. Setelahnya, gunakan probe atau pengirim ultrasonik. Probe ini perlu ditempatkan dengan hati-hati agar kontak dengan permukaan benda menjadi sempurna

2. Pengujian Kekerasan dengan Portable Ultrasonic Hardness Tester

Setelah persiapan, lakukanlah pengujian kekerasan. Alat uji ultrasonik akan mengirimkan gelombang yang kemudian dipantulkan kembali. Kemudian, alat ini akan mengukur perubahan kecepatan gelombang yang nantinya akan dikonversikan menjadi hasil nilai kekerasan.

3. Pengolahan Data

Setelah nilai kekerasan didapatkan, data akan ditampilkan pada layar alat uji ultrasonik. Akan lebih baik untuk menyimpan data guna menganalisis lebih lanjut dan pemantauan jangka panjang,

Kesimpulan

Ultrasonic portable hardness tester merupakan alat canggih dengan akurasi tinggi yang cocok digunakan di beragam sektor industri. Mengingat keunggulannya dari segi portabilitas, akurasi, dan kecepatan. Di era perkembangan teknologi, alat ini hadir untuk meningkatkan kualitas pengukuran kekerasan benda dan pembaruan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

0 komentar:

Posting Komentar